Sabtu, 11 Juni 2011

tips memasak

Kiat Memasak Agar Vitamin Tak Lenyap Selain vitamin K dan B , kebanyakan vitamin sensitif dan mudah hancur ketika terekspos panas , udara , air atau lemak ( minyak untuk memasak ) . Namun tenang saja , Anda tak perlu khawatir masakan kehilangan kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh . 

Caranya , ikuti strategi memasak untuk mencegah sejumlah vitamin menjadi lenyap dari masakan . Vitamin A , E , D Untuk mencegah hilangnya vitamin yang larut dalam lemak ini, masaklah makanan dengan minyak yang sedikit. Contohnya , panggang atau kukuslah hati sapi yang kaya mengandung vitamin A , daripada menggorengnya. Vitamin B Strategi untuk menjaga kadar protein pada produk daging sapi dan ayam selama memasak , dapat diaplikasikan untuk menjaga kadar vitamin B yang mudah keluar pada pemasakan dengan air . 

Rebus atau kukuslah makanan ini, dan biarkan saripatinya tetap dikonsumsi dalam bentuk sup . Pangganglah kue dan roti hanya sampai warnanya agak kecoklatan ( jangan terlalu gosong ) untuk melindungi vitamin B yang sensitif terhadap panas . Vitamin C Untuk mengurangi hilangnya vitamin C yang larut dalam air dan sensitif terhadap oksigen , olah buah dan sayuran dalam jumlah air sedikit mungkin. 

Contoh , ketika memasak satu gelas kubis dengan empat gelas air, daun kubisnya kehilangan 90 persen vitamin C . Sebaliknya , ketika memasak empat gelas kubis dengan segelas air , vitamin C bisa bertahan lebih dari 50 persen. Penyajian sayuran juga memengaruhi lenyapnya vitamin dalam masakan . Segera sajikan dan konsumsi sayuran masak. Setelah 24 jam disimpan dalam lemari es, sayuran yang telah dimasak kehilangan seperempat vitamin C . Setelah dua hari, sayuran yang telah dimasak kehilangan 50 persen vitamin C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih advisenya